::..Instalasi Mikrotik (router/bandwidth/wireless). Instalasi jaringan internet, LAN, mikrotik, router, hotspot dan voucher hotspot serta maintenance warnet. email:sila.sazali@gmail.com.::

RT RW Net, Barang Apa Itu?

RT RW sudah biasa, tapi RT RW Net? Mungkin belum semua orang tahu. Pada prinsipnya, RTRW Net merupakan akses internet yang diperuntukkan ke rumah-rumah untuk warga se RT/RW. Artinya, semua warga dalam suatu lingkup RT/RW yang ingin memiliki layanan internet bisa membuat jaringan internet sendiri bagi RT/RW mereka, dan dikelola sendiri, meski sumber aksesnya atau ISP dari luar.


Bagi yang memiliki otak bisnis, ini adalah masa depan yang cerah, melihat jaringan kabel telepon belum banyak menjangkau perumahan-perumahan baru. Di sini prospeknya!

Bagi kelompok warga yang bersemangat membangun jaringan ini tidaklah begitu sulit. Di sekitar kita, (saya di Panam, Pekanbaru), sebenarnya sudah banyak perusahaan yang menyediakan akses untuk RT/RW Net. Riau Pos Net, anak perusahan PT Riau Pos telah hampir setahun melayani warga maupun kantor yang ingin mendapatkan akses internet.

Masalah peralatan dan maintenance, anda yang ingin memasang sebaiknya konsultasi dengan orang-orang yang berkecimpung dalam hal ini. Mencari orang-orang IT yang paham akan hal ini tidaklah begitu sulit. Biasanya, warga memiliki kenalan dengan orang IT, dan orang ini biasanya memiliki jaringan yang luas kalau hanya sekedar bersalaman dengan orang-orang berbasis RT RW Net.