::..Instalasi Mikrotik (router/bandwidth/wireless). Instalasi jaringan internet, LAN, mikrotik, router, hotspot dan voucher hotspot serta maintenance warnet. email:sila.sazali@gmail.com.::

Akses Internet Menggunakan Wajan Bolic


Kalian semua mungkin sudah pada kenal yang namanya wajan, bukan? Tapi dengan wajan bolic, mungkin belum semua orang tahu. Wajan yang satu ini memungkinkan kita bisa mengakses internet dari kost atau rumah kita dengan jarak maksimal 1 km dari Akses Point(AP) yang tersedia di sekitar tempat tingal kita.



Wajan bolic muncul di daerah Jawa oleh para neter mania yang menginginkan akses internet murah yang dipelopori oleh Onno W. Purwo. Antena ini digunakan untuk koneksi Internet Tanpa Kabel (Wireless Internet) menggunakan gelombang radio 2.4GHz. Pada prinsipinya, wajan bolic ini adalah Wifi yang kita gunakan untuk akses internet wireless menggunakan USB Wifi pada PC/laptop atau wireless pada laptop.

Bedanya, Wajan bolic menggunakan kuali biasa ukuran sedang sebagai media pengumpul signal dari akses poin yang dipusatkan pada USB wifi yang diletakkan pada pipa di depan kuali.

Anda sendiri bisa membuatnya jika mau. Namun, beberapa blogger di Jawa telah menawarkan berbagai macam bentuk wajanbolic mereka buat sendiri dengan kisaran Rp.300-350 ribuan. Jika ingin membuat sendiri, silahkan aja searching di google, anda bakal mendapatkan menu gratis tentang tutorial pembuatan hingga cara mengkoneksikannya ke PC/laptop anda. Meski murah, bukan berarti anda gratis mendapatkan akses internet. Anda harus tetap membayar beban pemakaian terhadap penyedia provider yang memberikan anda akses internet.