::..Instalasi Mikrotik (router/bandwidth/wireless). Instalasi jaringan internet, LAN, mikrotik, router, hotspot dan voucher hotspot serta maintenance warnet. email:sila.sazali@gmail.com.::

Akhirnya..., Kuraih Juga Gelar Sarjana

Perjuangan yang panjang, terjal dan berliku menjadi warna-warni tak terlupakan sepanjang perjalanan kuliahku. Beban dan tanggung jawab itu semakin berat tatkala aku harus menyelesaikan apa yang telah aku mulai, sebuah penelitian untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Diawali dengan semangat dan bantuan pembimbing yang sangat berarti, aku berhasil mendapatkan bantuan beasiswa untuk penelitian, I-MHER Project.


Kisah selanjutnya terus kujalani, pengambilan sampel di tambak udang Bengkalis, lalu isolasi bakteri di laboratorium terpadu Ilmu Kelautan Faperika Unri, dilanjutkan perjalanan panjang di Biotech Center, tepatnya di laboratorium Teknologi Gen untuk menghetahui spesies bakteri yang aku isolasi. Sebulan di sana, bukanlah hal mudah, beberapa kali gagal dan ujicoba lagi, pada akhirnya aku berhasil juga.

Setelah sekian lama bertungkus lumus menyelesaiakn skripsi, menyempatkan waktu sambil bekerja, akhirnya aku berhasil melewati masa-masa yang paling menentukan. Aku berhasil ujian sarjana dan mendapatkan nilai A (dengan nilai 82,4) pada tanggal 29 November 2008. Itu merupakan hadiah untuk akhir tahun menyambut tahun baru Islam dan masehi bagiku.

Meski demikian, keberhasilanku ini bukan sebuah akhir, namun justru baru awalnya saja. Bagiku, liku-liku di depanku lebih panjang dan runyam. Meski demikian, ini harus aku syukuri, karena paling tidak, jenjang pendidikan ku di S1 ini adalah sdikit bekal untuk menapaki dunia sesungguhnya.